Rabu, 02 Juni 2010

RESUME JURNAL

RESUME JURNAL

Nama : Tiara Amalia

NPM : 21207095

Kelas : 3EB05

Mata Kuliah : Riset Akuntansi

Dosen : Istichanah


PENGARUH PERBEDAAN ANTARA LABA AKUNTANSI DAN LABA FISKAL TERHADAP PERSISTENSI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


SONYA ERNA GINTING

Fakultas ekonomi Universitas Sumatera Utara

SYAMSUL BAHRI TRB

Fakultas ekonomi Universitas Sumatera Utara

Studi ini menganalisis perbedaan peran buku-pajak dalam menunjukkan persistensi laba satu periode ke depan dalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indonesia Excange (BEI) sejak tahun 2005 sampai tahun 2007. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari setiap perusahaan, lama tidak terpublikasikan melalui website www.idx.co.id. metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan regresi berganda. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laba sebelum pajak penghasilan satu periode ke depan sebagai Y dan laba sebelum pajak di period eke depan sebagai X. Penelitian ini juga menggunakan beberapa buku tentang perbedaan hasil pajak sebagai moderator variable. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku perbedaan pajak telah negatif signifikan terhadap laba sebelum pajak penghasilan salah satu periode ke depan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang besar (positif atau negatif) perbedaan buku-pajak memiliki pendapatan yang kurang persisten dibanding perusahaan dengan perbedaan buku-pajak kecil.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan adalah secara parsial variabel PTBI, LPBTD berpengaruh positif signifikan terhadap PTBI t+1. Sementara itu variabel LPBTD*PTBI t berpengaruh secara negatif signifikan terhadap PTBI t+1. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan antara laba akuntansi dan laba fiskal berpengaruh secara negatif signifikan terhadap persistensi laba. Hasil penelitian ini sama dengan penelitian terdahulu Hanlon (2005) yang menghasilkan kesimpulan bahwa perbedaan antara laba akuntansi dan laba fiskal secara negatif berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba.

Hasil penelitian ini tidak mendukung hasil penelitian terdahulunya yang dilakukan oleh Djamaluddin (2008) yang meneliti pada perusahaan perbankan yang menemukan bahwa secara parsial variabel LNBTD*PTBI t dan LPBTD*PTBI t tidak terbukti secara statistik mempunyai persistensi laba yang lebih rendah daripada perusahaan yang memiliki perbedaan kecil antara laba akuntansi dan laba fiskal. Hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya regulasi khusus tentang pelaporan pajak perbankan menyebabkan perbedaan dalam pengakuan item-item perbedaan temporer. Secara simultan, dapat diambil kesimpulan semua variabel yang digunakan dalam variabel penelitian berpengaruh positif signifikan terhadap laba sebelum pajak satu periode kedepan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Djamaluddin (2008) dan Hanlon (2005).





PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK KELOMPOK SEPULUH BESAR MENURUT CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI)


DITA PARADITA

Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

NURZAIMAH

Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tata kelola perusahaan yang baik (GCG) aplikasi dan kinerja keuangan perusahaan. skor penerapan GCG adalah variabel yang digunakan sebagai indikator GCG. Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE) dan Laba Bersih Margin (NPM) adalah variabel yang digunakan sebagai indikator kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan asosiatif di mana variabel memiliki karakteristik kausalitas. Perusahaan sepuluh teratas CGPI adalah sampel penelitian ini. Mereka dipilih dengan metode purposive sampling. Pooling (time series dan data cross sectional) digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dari laporan CGPI dan laporan keuangan pada tahun 2004-2007. Metode statistik melalui analisis regresi sederhana digunakan dalam pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa GCG tidak mempengaruhi kinerja keuangan secara parsial. ROI, ROE dan NPM tidak dapat dijelaskan dengan penerapan GCG.

Berdasarkan berbagai pengujian dan analisis data dari penelitian ini dapat diperoleh beberapa kesimpulan mengenai pengaruh GCG terhadap kinerja keuangan adalah variabel GCG (X) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel ROI (Y1), ROE (Y2) dan NPM (Y3) karena penerapan GCG berpengaruh negatif terhadap ROI (Y1), ROE (Y2) dan NPM (Y3) dengan tingkat signifikansi variabel independen 0,61 (>0,05), 0,77 (>0,05), dan 0,85 (>0,05). Artinya adalah penerapan GCG yang baik tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yaitu kinerja keuangan tidak menjadi lebih baik baik dengan adanya penerapan GCG.

3 komentar:

  1. Haloooo :) Mau tanya dong, Resume Jurnal itu apa sih sebenernya? Terus apa aja yang harus kita tulis?

    BalasHapus
  2. kalau resume mnrut saya ringkasan dari jurnal
    iya ga sih hehe

    BalasHapus
  3. Ya bner, kalo resume berrti kita suruh baca jurnal dan ditulis ulang bahasa kita sendiri. Kalo review kita baca baca dan paham betul tentang seluk beluk jurnal, kemudian dikritisi

    BalasHapus