Minggu, 22 Mei 2011

Riset Pemasaran

RISET PEMASARAN

A. Pendahuluan

Riset pasar merupakan hal yang mutlak dilakukan suatu perusahaan agar produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dapat diterima oleh pasar. Sebab tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu, bisa saja menyebabkan suatu produk yang diluncurkan perusahaan tidak dapat diterima pasar karena tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

B. Lingkungan Pemasaran Bank

Lingkungan pemasaran diartikan sebagai kekuatan yang ada di dalam dan diluar perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk perbankan yang ada.

1. Faktor Internal

Yaitu factor-faktor yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yaitu: product, price, promotion, dan place atau dalam bahasa pemasaran ini dikenal dengan bauran pemasaran atau marketing mix.

2. Farktor Eksternal

Yaitu factor-faktor yang tidak dikendalikan oleh perusahaan. Factor eksternal ini secara umum dapat dibagi menjadi dua yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro.

Yang termasuk lingkungan mikro :

· Nasabah / pelanggan

· Perantara pemasaran bank

· Masyarakat (public)

· Pemasok

· Pesaing

Yang termasuk lingkungan makro :

· Lingkungan demograafis

· Lingkungan ekonomis

· Lingkungan alam

· Lingkungan teknologi

· Lingkungan politik dan undang-undang

· Lingkungan cultural

C. Bentuk dan Sumber Informasi

1. Bentuk dan Sumber Informasi

bagi seorang level manajer komponen informasinsangat penting dalam proses pengambilan keputusan.Berikut merupakan bentuk informasi yang berdasarkan pada system informasi :

a.Sistem akuntansi intern

b.Sistem intelegent pemasaran perbankan

c.Sistem informasi pemsaran analitis

2. Sumber Informasi

Setiap level managemen akan membutuhkan informasi untuk setiap keputusan yang akan diambil.Sumber informasi didesain dengan pendekatan dua sumber yaitu :

a. Sumber Internal,antara lain berupa :

· Data teknis perjenis industri

· Data teknis industri berdasarkan data teknis

· Informasi dagang

· Infromasi bank

b. Sumber Eksternal,antara lain berupa :

· Persepsi maksing-masing level managemen mengolah data sehingga dihasilkan infromasi bagi-bagian atau level yang membutuhkan.

· Pendataan masalah untuk melakukan pemecahan masalah dan kerja sama dari seluruh timdalam usahanya membentuk informasi untuk kebutuhan bank.

D. Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi Pemasaran adalah suatu struktur yang berlanjut dan slaing berkait dari orang,peralatan,dan prosedur yang ditujukkan untuk mengumpukan,menyaring,menganilisis dan membagikan informasi yang spesifik,tepat waktu dan cermat untuk dipergunakan oleh para pengambil keputusan dalam rangka penyempurnaan,perencanaan,pelaksanaan dan pengendalian pemasaran.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam suatu sitem informasi pemasaran adalah sebagai berikut :

1. Menilai kebutuhan informasi

Menilai kebutuhan informasi merupakan kegiatan awal untuk memenuhi kebutuhan informasi pemasaran,seperti informasi apa yang diinginkan,informasi apa yang patut diberikan oleh bank,informasi yang dibutuhkan oleh bank.

2. Mengembangkan informasi

Informasi yang ada dan diperoleh dari catatan-catatan intelligent pemasaran dan riset pasar perlu dikembangkan lebih lanjut.

3. Mendistribusikan informasi

Informasi yang telah diperoleh dari berbagai sumber akan didistribusikan ke divisi lain atau pihak yang membutuhkan,sehingga dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

E. Riset Pasar

Riset Pemasaran adalah desain,pengumpulan,analisis dan pelaporan sistematis atas data dan penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

Adapun proses riset pemasaran tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menetapkan masalah yang dihadapi dan tujuan pemasaran yang akan dijalankan oleh bank nantinya

2. Mengembangkan rencana rset yang akan dilakukan

3. Mengimpletasikan dan melaksanakan rencana tahapan riset yang telah disusun secara sitematis

4. Menginterpretasikan dan melaporkan hasil riset yang telah dilaksanakan.

5. Analisis infromasi yang sudah diperoleh dengan berbagai metode analisis baik empiris maupun kualititaf.

6. Mendistribusikan informasi yang telah diolah dan dianalisis kepada berbagai pihak atau unit kerja yang berkepentingan terhadap hasil riset yang telah dilakukan.

F. Metode Riset Pasar

Agar hasil riset pasar dapat diperoleh sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka dalam melakukan riset perlu dilaksanakan suatu metode riset yang benar, melalui proses tahapan riset pasar yang runtut dan sistematis.

Ada tiga macam metode riset yang sering digunakan sendiri-sendiri maupun bias dikombinasikan dalam penggunaannya, yaitu :

1. Observasi

Merupakan metode melalui pengamatan langsung dilapangan, dengan metode ini pihak yang melakukan riset melakukan pengamatan terhadap perilaku nasabah berkaitan dengan obyek yang akan diteliti.

2. Wawancara

Merupakan tindakan kita untuk melakukan pembicaraan secara langsung dengan responden atau nasabah.

3. Kuesioner

Kuesioner merupakan metode dengan cara mengajukan formulir pertanyaan kepada responden atau nasabah yang diinginkan.

G. Peramalan

Kondisi dimasa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian, sehingga tidak seorangpun dapat memastikan apa yang akan terjadi, termasuk didalamnya perubahan permintaan kebutuhan pasar, ketidakpastian ekonomi, politik, hokum, keamanan, atau budaya.

Dalam praktiknya terdapat beberapa jenis peramalan berdasarkan sudut pandang yang dianut, berikut merupakan beberapa jenis peramalan yang dimaksud :

1. Jika dilihat dari penyusunnya :

a. Peramalan subjektif didasarkan atas perasaan atau kondisi psikologis dari orang yang menyusunnya.

b. peramalan objektif merupakan peramalan yang didasarkan atas data dan informasi yang ada kemudian di analisis dengan menggunakan teknik atau metode tertentu.

2. Jika dilihat dari segi sifat ramalan :

a. Peramalan kualitatif merupakan peramalan yang didasarkan atas data kualitatif dan biasanya peramalan ini didasarkan kepada hasil penyelidikan.

b. Peramalan kuantitatif merupakan peramalan yang didasarkan kepada data kuantitatif masa lalu.

3. Jika dilihat dari segi jangka waktu :

a. Peramalan jangka pendek merupakan peramalan yang didasarkan pada waktu kurang dari 1 tahun.

b. Peramalan jangka panjang merupakan peramalan yang didasarkan kepada waktu lebih dari 1 tahun.

H. Cara dan Metode Peramalan Pasar

Cara untuk meramal pasar yang sering digunakan adalah :

1. Survey niat pembeli

Peneliti datang langsung ke sasaran yang hendak dituju dengan menanyakan langsung tentang niat konsumen akan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelian produk perbankan yang ditawarkan.

2. Gabungan pendapat atau informasi dari tenaga penjual

Peneliti memperoleh informasi tentang produk yang ditawarkan kepada nasabah dari tenaga penjual yang jumlahnya cukup banyak disuatu bank.

3. Metode tes pasar

Metode ini digunakan dengan memberikan tanggapan secara langsung ke konsumen baik langsung memberikan produk kepada konsumen untuk mencoba.

4. Pendapat ahli

Metode ini digunakan untuk memastikan uji produk baik secara teori maupun praktik kepada para ahli pemasaran.

5. Analisis permintaan secara statistic

Dalam metode ini peneliti mengumpulkan data masa lalu tentang penjualan produk baik oleh perusahaan itu sendiri maupun dari gabungan perusahaan yang menghasilkan produk yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar